Lompat ke isi utama
x
1

Unsyiah Gelar Konferensi Internasional ICECME

 Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala menggelar konferensi internasional bernama International Conference on Experimental and Computational Mechanics in Engineering (ICECME) 2020, yang dimulai sejak tanggal 13 – 14 Oktober 2020. Konferensi yang melibatkan para peneliti dunia ini dibuka oleh Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng secara virtual. (Banda Aceh, 13 Oktober 2020).

Rektor dalam sambutannya mengatakan, Unsyiah menyambut baik terlaksananya konferensi internasional ini. Mengingat pandemi Covid-19 sekarang ini menuntut respon yang cepat dari berbagai keilmuan, termasuk bidang teknik dan industri.

Berbagai teknologi peralatan medis, alat pelindung diri, dan teknologi  lainnya untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, merupakan kebutuhan mendesak yang harus segera dikembangkan.

Oleh karena itu, melalui forum internasional ini, Rektor berharap kepada para peserta konferensi yaitu para akademisi, peneliti serta peserta lainnya untuk dapat berkolaborasi, dan melahirkan gagasan penting demi meningkatkan penelitian dan inovasi.

Selain itu, ICECME memiliki hubungan yang erat dengan konferensi internasional lainnya yaitu International Conference on Information Technology, Advanced Mechanical and Electrical Engineering (ICITAMEE) di Universitas Muhamadiyah Yogyakarta.

 “Kami percaya bahwa akademisi dan pelaku industri tidak bisa bergerak sendiri, tapi harus berkolaborasi. Karena dengan berkolaborasi, kita lebih mudah mewujudkan tujuan kita yaitu membawa perubahan yang lebih baik pada lingkungan dan kehidupan,” ucap Rektor.

Ketua Pelaksana ICECME Dr. AkhyarS.T, M.P, M.Eng menjelaskan, ICECME  adalah program tahunan dari Jurusan Teknik Mesin dan Industri (JTMI) Unsyiah. Farum ilmiah ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi para peneliti untuk dapat saling bertukar ilmu dan pegalaman, serta membuat perencanaan kerja sama untuk menyelesaikan permasalahan bersama, dan berbagi sumber daya serta memperluas jaringan kerja.

Adapun topik-topik yang dibahas meliputi computational mechanics, metallurgy and material science, energymanufacturing processes and systemsbiomechanics interfacial intelligentMicro/Nano Engineeringmicro-electro-mechanical systemsmachine learning dan mechatronics.

“Diperkirakan, lebih dari 60 makalah akan berpartisipasi dalam ICECME 2020, yang berasal dari penulis lokal dan internasional. Makalah yang diterima dan telah dipresentasikan akan diterbitkan pada Open Access Publisher: IOP Conference Series yang terindex oleh Scopus,” ungkap Akhyar.

Hadir sebagai keynote speakers pada konferensi internasional ini yaitu Prof. Louis Cacetta dari Curtin University, Australia, Prof. Yoshikazu Nakai dari Kobe University, Jepang, Prof. Chetan Singh Solanki dari IIT Bombay, India. Lalu Associate Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd Rizal Alkahari dari Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM, Malaysia dan hadir sebagai moderator Prof. Anupun Terdwongworakul, Ph.D dari Kasetsart University, Thailand. 
 

sumber: unsyiah.ac.id