Lompat ke isi utama
x
1

Sidang Terbuka Senat 26 November 2019 Dalam Rangka Pengukuhan 2 Profesor Dari Fakultas Teknik

Sidang Terbuka Senat dalam rangka pengukuhan Profesor di lingkungan Universitas Syiah Kuala kembali diselenggarakan pada tanggal 26 November 2019 di AAC Dayan Dawood. Sebanyak 3 orang Profesor dikukuhkan pada hari itu, 2 diantaranya berasal dari Fakultas Teknik Unsyiah, yaitu Prof. Dr. Nasrul, S.T., M. T., dan Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU.

Prof. Dr. Nasrul, S.T., M. T.,  adalah Profesor ke – 9 dari Jurusan Teknik Kimia, dengan kepakaran dalam bidang ilmu Teknik Reaktor dan Katalis. Beliau mengambil S1 pada Universitas Syiah Kuala, S2 pada Institut Teknologi Sepuluh November di Surabaya, dan S3 pada  Universitas Negeri Kobe di Jepang. Pada saat ini, Prof. Dr. Nasrul, S.T., M.T menjabat sebagai Ketua Prodi Magister Pengelolaan Lingkungan, pada Program Pascasarjanan Universitas Syiah Kuala. Dalam ruang lingkup publikasi, Prof. Dr. Nasrul, S.T., M.T memiliki publikasi pada Jurnal Nasional dan Internasional sejumlah 34 judul, selain itu juga beliau sering terlibata dalam berbagai kegiatan terkait pengembangan karya ilmiah antara lain menjadi ketua editor pada Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan, serta menjadi reviewer di beberapa jurnal terindex scopus seperti menjadi Reviewer Journal Environmental Research Communication.

Prof. Dr. Nasrul, S.T., M.T memberikan orasi ilmiah dengan judul “Intensifikasi Proses Ultrafiltrasi (Membran) Untuk Peningkatan Kualitas Produk Pada Industri Separasi”. Ultrafiltrasi adalah proses pemisahan menggunakan membran yang bersifat  selektif  dan dibantu dengan  tekanan. Membran adalah selaput, kulit tipis, atau lembaran bahan tipis, yang berfungsi sebagai pemisah selektif. Membran yang digunakan dalam proses ultrafiltrasi memiliki ukuran pori-pori yang berkisar dari 1 hingga 100 nm dan biasanya digunakan untuk memproses makromolekul seperti protein. Proses ultrafiltrasi dengan menggunakan membraneini memudahkan dalam proses pembuatan produk-produk kebutuhan utama manusia seperti air minum, protein, supplement kesehatan, bahan bakar gas, dan obat-obatan. Prof. Dr. Nasrul, S.T., M.T bersama Dr. Sri Mulyati, S.T., M.T yang merupakan dosen di Jurusan Teknik Kimia memiliki paten dengan No Paten P00201507721, dengan judul invensi Komposisi Bahan Untuk Membuat Membrane Polietersulfon Dan Karakteristik Membran Dari Bahan Tersebut, yang merupakan suatu komposisi bahan untuk membuat membrane polietersulfon, dan karakteristik membrane yang dibuat dari komposisi tersebut. Komposisi bahan sesuai invensi ini menggunakan campuran polietersulfon dan nanokarbon dari limbah padat cangkang kelapa sawit. Membrane yang dihasilkan memiliki karakteristik yaitu; mempunyai struktur pori yang merata pada dinding macrovoid, mempunyai struktur makro pori berbentuk jari tangan (fingerlike structure), mampu menghasilkan permeabilitas air antara 40 – 50 1/m2.jam.atm., serta memiliki nilai water contact angle 60 – 70°.

Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU adalah Profesor ke 3 dari Jurusan Teknik Sipil, dengan kepakaran dalam bidang ilmu Transportasi. Beliau mengambil S1 pada Universitas Syiah Kuala, S2 pada The Technical University of Denmark, Copenhagen, dan S3 pada Institut Teknologi Bandung. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Laboratorium Transportasi Jurusan Teknik Sipil Unsyiah pada Tahun 1998 – 2000, menjadi Ketua Jurusan Teknik Sipil pada tahun 2000-2004, Ketua Bidang Transportasi di Jurusan Teknik Sipil Unsyiah dan Ketua Bidang Manajemen Rekayasa Transportasi di Magister Teknik Sipil Unsyiah pada tahaun 2010 – 2013, menjadi Wakil Dekan IV Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala pada tahun 2013 – 2016, , dan saat ini menjabat sebagai Koordinator Program Studi Magoster Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsyiah. Dalam ruang lingkup publikasi, Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU memiliki publikasi pada Jurnal Nasional dan Internasional sejumlah 34 judul. Beliau juga turut serta memberikan kontribusi di bidang transportasi dalam bentuk perumusan kebijakan publik untuk Preliminary Design Higjway Lintas Timur Aceh, BRR NAD-Nias, 2007, serta turut terlibat dalam beberapa kebijakan public berupa kajian SID Infrastruktur berskala nasional dan provinsi dalam kurun waktu 1988 – 2019

Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU memberikan orasi ilmiah dengan judul “Pengembangan Sistem Angkutan Multimoda untuk Keberlanjutan Infrastruktur Transportasi.”. Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan moda transportasi. Moda transportasi terbagi menjadi 3, yaitu moda darat, moda laut, dan moda udara. Dalam orasinya Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU mengatakan bahwa Transportasi adalah tulang punggung perekonomian suatu bangsa, jika gagal dalam mengembangkan dan memelihara infrastruktur transportasi maka berpotensi muncul biaya ekonomi yang tinggi. Salah satu program yang dapat mengantisipasi kebutuhan pergerakan sesuai dengan pertumbuhan ekonomi adalah melakukan pengembangan sistem transportasi multimoda dan antarmoda yang handal dan dapat menjawab tantangan perkembangan ekonomi ke depan. Prof. Dr. Ir. Sofyan M. Saleh, M.Sc.Eng., IPU dengan keilmuannya di bidang transportasi terus melakukan pengembangan riset, terutama yang berkaitan dengan pengembangan sistem transportasi multimoda dan keberlanjutan infrastruktur transportasi. Selama dekade terakhir, beliau menitikberatkan penelitian pada tiga lingkup, yaitu tentang karakteristik tanah dasar sebagai perletakan konstruksi, inovasi material utama pembentuk konstruksi jalan, dan pemanfaatan limbah plastik sebagai material substitusi aspal untuk mengantisipasi cepatnya kerusakan permukaan jalan.

Dikukuhkannya kembali 2 orang profesor dari lingkungan Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, menambah daftar jumlah Profesor menjadi 18 orang. Sejak Januari hingga November 2019 jumlah Profesor pada Fakultas Teknik sudah bertambah 6 orang. Diharapkan untuk kedepannya jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan berkembangnya penggunaan dan penerapan ilmu pengetahuan dalam segala bidang.

1