Lompat ke isi utama
x
1

PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh Bekerjasama Dengan Fakultas Teknik UNSYIAH Untuk Penelitian Dan Pengembangan Mobil Listrik Malem Diwa

PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh kembali bekerjasama sama dengan Universitas Syiah Kuala dalam  bidang penelitian dan pengembangan. Kerjasama ini dimulai dengan penanda tanganan Nota Kesepahaman Kerja Sama antara Universitas Syiah Kuala dan PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh oleh masing-masing pihak pada hari Rabu 8 Juli 2020, yang bertempat di Kantor Pusat Admininistrasi Universitas Syiah Kuala. Penandatanganan Nota Kesepahaman kali ini adalah perpanjangan kerja sama Unsyiah dan PLN yang masa berlakunya sudah berakhir, penandatangan Nota Kesepahaman dari Universitas Syiah Kuala diwakili oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Bapak Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU sementara  PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh di wakili oleh General Manager bapak Jefri Rosiadi. Pelaksanaan Kerja Sama dalam bidang penelitian dan pengembangan ini dikhususkan pada Mobil Listrik dan Bank Sampah. Ini adalah tahun ke 5 PT. PLN (Persero) Wilayah Aceh memberikan dana CSR untuk pengembangan prototype mobil listrik dan tahun ketiga untuk Bank Sampah Unsyiah. Penandatangan Nota Kesepahaman turut dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Unsyiah Bapak Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng., IPU dan Tim Malem Diwa, dimana penelitian dan pengembangan prototype mobil listrik nantinya akan dilakukan oleh Tim Malem Diwa dari Fakultas Teknik Unsyiah.

Prototype mobil listrik dikembangkan oleh Tim Malem Diwa dari Fakultas Teknik Unsyiah dengan melibatkan mahasiswa dari 2 jurusan, yaitu Jurusan Teknik Mesin dan Industri dan Jurusan Teknik Elektro dan Komputer. Pengembangan dan penelitian prototype mobil listrik Malem Diwa dimulai sejak tahun 2015 dengan nama prototype Malem Diwa 1.0, kemudian pada tahun 2018 disempurnakan lagi menjadi Malem Diwa 2.0. Mobil listrik hasil pengembangan dan penelitian dari Tim Malem Diwa ini juga pernah mengikuti beberapa perlombaan yaitu, ajang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Oktober 2015 di Malang, Jawa Timur dengan meraih peringkat 3, dan yang terakhir adalah kompetisi Internasional Shell Eco Marathon di Singapura pada Maret 2018. Selain mobil listrik, Tim Malem Diwa Unsyiah dari Fakultas Teknik bekerja sama dengan PT. PLN (Persero_ Wilayah Aceh juga telah menghasilka produk inovasi Becak Listrik type BC-L01 pada tahun 2018. Kerja sama ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pengembangan mahasiswa-mahasiswa pada Fakultas Teknik Unsyiah sebagai agent of change, untuk bisa mengembangkan inovasi-inovasi lainnya yang dapat bermanfaat bagi kehidupan. 

1