Lompat ke isi utama
x
1

Pelatihan Peningkatan Nilai Tambah Limbah Sabut Kelapa oleh Dosen Fakultas Teknik USK sebagai Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat

     Dosen Fakultas Teknik USK melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin, 25 Januari 2021. Pengabdian ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh dosen-dosen FT USK sebagai salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi. Tim Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari Dosen-dosen FT USK dari Jurusan Teknik Kimia, Arsitek dan Teknik Geofisika, juga turut bergabung Dosen MIPA USK dan 4 (empat) orang Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Angkatan 2017. Sedangkan peserta adalah ibu-ibu warga Perumahan Cinta Kasih, Desa Neuheun, Aceh Besar.

     Kegiatan yang dilakukan secara garis besar bertujuan untuk melatih ibu-ibu dalam berkreasi memanfaatkan limbah sabut kelapa yang sangat mudah didapatkan di lingkungan dan tidak dimanfaatkan. Kegiatan dibagi menjadi dua kelompok yang diketuai masing-masing oleh Dr. Hesti Meilina dan Dr. Cut Meurah Rosnelly. Kelompok pertama diberikan pengetahuan dan pelatihan tentang pembuatan “cocodama” dari limbah sabut kelapa sebagai wadah tanaman hias dan kelompok kedua diberikan pengetahuan dan pelatihan dalam memanfaatkan limbah sabut kelapa dalam bentuk “cocopeat” sebagai media tanam alternatif. Masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk mencoba membuat cocodama dan cocopeat sendiri dan hasil praktek dapat dibawa pulang untuk dijadikan contoh jika mereka ingin mempraktekkannya kembali baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk dijual kembali.

1

     Karena dilaksanakan masih dalam suasana pandemic covid-19, peserta dibatasi hanya 10 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti menggunakan masker dan dilaksanakan di ruang terbuka. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah masyarakat terutama ibu-ibu warga Perumahan Cinta Kasih, Desa Neuheun sudah dapat mempraktekkan sendiri cocodama dan cocopeat sehingga terbuka peluang untuk memproduksi cocodama dan cocopeat agar dapat dikomersialkan dan ibu-ibu juga dapat memperoleh pemasukan tambahan dengan memanfaatkan limbah yang ada di sekitar mereka.

 

Tag