Skk Migas Beri Kuliah Umum Di Teknik Unsyiah

November 22, 2017 no comments adminft
Spread the love

Kuala. Program ini diisi dengan kuliah umum oleh Syukri Usman dari SKK Migas tentang pertambangan minyak dan gas di Fakultas Teknik (FT), Universitas Syiah Kuala, Jumat (17/11/17).

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng. mengatakan, kuliah umum ini sangat penting diikuti oleh dosen dan mahasiswa untuk menambah pemahaman dalam sektor minyak dan gas di Indonesia.

“Kuliah umum ini sangat penting kita ikuti, karena pemahaman para mahasiswa bahkan dosen dalam sektor migas ini masih kurang, terutama pengetahuan mengenai peluang dan resikonya,” kata Taufik.

Taufik juga berharap agar pihak SKK migas memberikan dukungan untuk beberapa prodi di FT yang berhubungan dengan sektor perminyakan dan gas, seperti Prodi Geofisika, Prodi Geologi, dan Prodi Pertambangan. Dukungan tersebut dapat diberikan melalui pengajaran.

“Saya harap sewaktu-waktu staf dari SKK Migas bisa mengajar di beberapa prodi ini,” tutupnya.

Di akhir sambutannya, Taufik juga mengarapkan dengan adanya pengenalan dan pemahaman terkait peluang bekerja di sektor migas ini, semangat dan motivasi belajar mahasiswa Teknik Unsyiah bisa meningkat.

Sementara itu, dalam kuliah umunya, Syukri Usman memberikan tanggapan terkait peluang kerja di sektor migas. Menurut Syukri, beberapa prodi yang disebutkan tadi memiliki prospek yang sangat baik untuk ke depannya. Apalagi, sampai saat ini sektor migas masih berperan vital dalam sumber devisa negara.

“Sekitar 30 persen pendapatan negara berasal dari migas”, pungkasnya.

Syukri juga mengungkapkan, tantangan di sektor migas Indonesia saat ini ada di segi pengelolaan migas. Karena itu, Syukri memotivasi mahasiswa Unsyiah agar terus belajar dan nantinya bisa bekerja di perusahaan migas terbaik.

“Mahasiswa harus bisa mencapai hal-hal dan kemajuan baru. Misalnya menemukan sumber cadangan minyak dan gas baru di Indonesia,’ tutupnya.

Acara ini juga diselingi dengan pertukaran momento dan buku antara pihak SKK Migas dan FT Unsyiah. Kuliah umum ini dihadiri oleh para dosen di lingkungan FT Unsyiah, serta ratusan mahasiswa FT Unsyiah dari berbagai prodi.

Sumber : unsyiah.ac.id