Dosen dan Mahasiswa UiTM Malaysia Mengunjungi Fakultas Teknik Unsyiah Dalam Rangka Kuliah Umum

May 10, 2019 no comments adminft
Spread the love

Dosen dan Mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia mengunjungi Fakultas Teknik Unsyiah dalam rangka kuliah umum, yang merupakan rangkaian dari academic mobility program. Kuliah umum yang dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019 tersebut disajikan oleh empat narasumber. Assoc. Prof. Dr. Nor Hayati Abdul Hamid memaparkan tentang perkembangan terkini penelitian rekayasa gempa, Ir. Dr. Anizahyati Alisibramulisi memaparkan tentang rekayasa struktur, Dr. Norshariza memaparkan tentang teknologi bantalan kereta api, dan Dr. Ekarizan Shaffie memaparkan tentang rekayasa perkerasan jalan. Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Iskandar, S.T., M.Eng.Sc, di dalam sambutannya, mengapresiasi kunjungan para dosen (UiTM) ke Unsyiah. Wakil Dekan I FT Unsyiah yang merupakan alumni University of Malaya ini juga turut berbagi pengalaman kepada para peserta tentang solidnya pendidikan tinggi di Malaysia, sehingga beliau berpendapat kuliah umum hari ini sangat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah.

Wakil Dekan III FT Unsyiah, Ibu Lulusi, ST, M.Sc yang juga hadir pada kegiatan ini, mengapresiasi para mahasiswa yang bersemangat mengikuti kegiatan tersebut. Dr. Yusria Darma, ST, M.Eng.Sc, selaku moderator, turut menjelaskan kepada mahasiswa tentang sedikit perbedaan standar desain yang berlaku di Malaysia dan Indonesia, sehingga membuka wawasan para mahasiswa di dalam memahami hasil penelitian yang disajikan. Peserta kuliah umum, Furqan, berharap kuliah umum seperti ini dapat lebih sering dilaksanakan. Setelah mengikuti kuliah umum ini, Furqan termotivasi untuk melanjutkan studi pasca sarjananya ke Malaysia.

Setelah selesai memberikan kuliah umum, kegiatan academic mobility program UiTM dilanjutkan dengan kunjungan rombongan UiTM ke laboratorium-laboratorium di Fakultas Teknik Unsyiah, Tsunami and Disaster Mitigation Research Center, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh, Dinas Perhubungan Aceh, dan situs-situs tsunami Aceh. Dengan adanya program ini, rombongan dari UiTM mendapatkan banyak pengetahuan tentang tsunami dan pembangunan pasca tsunami di Aceh.