Press Release – Basic Design

February 12, 2019 2 comments adminft
Spread the love

Matakuliah Perancangan Dasar semester ganjil 2018/2019 Program Studi Arsitektur mengadakan final exhibition pada Jumat, 28 Desember 2018 pukul 08.00 – 17.10 WIB. Pameran akhir yang dilakukan di selasar Jurusan Arsitektur dan Perencanaan gedung Teknik ini terbuka untuk umum dan dikunjungi oleh mahasiswa arsitektur dari universitas lain di Banda Aceh dan alumni.

Matakuliah ini diampu oleh Zulhadi Sahputra, ST., MT, Dr. Cut Dewi, ST., MT., M.Sc, dan Muhammad Heru Arie Edytia, ST., M.Ars,. Zulhadi Sahputra, ST., MT selaku koordinator matakuliah dibantu oleh 15 dosen pembimbing dari program studi Arsitektur Unsyiah.

Final exhibition diikuti oleh 86 mahasiswa dan memamerkan 344 karya seni yang dikelompokkan dalam 4 kategori. Kategori tersebut adalah pre-project: Composition, project 1: Color programming, project 2: Becoming space, dan project 3: Volume.

Final exhibition juga dilakukan berbarengan dengan Final Project External Review yang dilakukan pukul 09.30 – 11.30 WIB. Reviewer yang berasal dari akademisi dan praktisi dari luar program studi ini menguji dan menilai karya instalasi yang didesain secara berkelompok oleh mahasiswa arsitektur matakuliah Perancangan Dasar. Reviewer terdiri dari Zulfikar Taqqiuddin, SSn., MT (Desainer Interior), Zya Dyena Meutia, ST., MT (Dosen Arsitektur UIN Ar-Raniry), Effendi Nurzal, ST., MT (Dosen Arsitektur Universitas Muhammadiyah), dan Prima Denny Sentia, ST., M.IT (Dosen Teknik Industri Unsyiah).

Instalasi sebagai proyek akhir mengangkat tema “Salvage” yaitu menyelamatkan barang-barang bekas dan terdiri dari 9 instalasi outdoor. Hal ini didukung dengan material yang wajib digunakan mahasiswa dalam merancang instalasi tersebut yaitu memakai sebagian atau bagian utuh dari meja gambar arsitektur yang telah rusak. Meja ini adalah milik jurusan Arsitektur dan Perencanaan yang tidak digunakan lagi. Mahasiswa dibebaskan berkreasi dalam merancang sesuai dengan kata kunci (keywords) dan metode desain yang telah diajarkan. Pada proses External Review, instalasi karya kelompok 5 yang mengusung konsep Wrench and Consistent mendapatkan nilai tertinggi dan ditempatkan di taman tengah Fakultas Teknik Unsyiah.