Malem Diwa FT-Unsyiah Kembali Ukir Prestasi Nasional

December 20, 2018 one comment
Spread the love

Banda Aceh, Media Fakultas Teknik – Mobil listrik besutan Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Malem Diwa, kembali mengukir prestasi di kancah nasional. Mobil listrik kebanggaan mahasiswa Fakultas Teknik tersebut telah mengirimkan dua timnya untuk mengikuti Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Padang. Kontes tersebut diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang mulai tanggal 26 November – 3 Desember 2018 lalu.

Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) ini diikuti oleh sekitar 71 tim dari seluruh Indonesia. Terdiri dari 17 tim di kelas listrik, termasuk Malem Diwa. Kontes ini merupakan keempat kalinya keikutsertaan Malem Diwa R 3.0 dan R 1.0 bertanding di ajang nasional. Sementara untuk ajang internasional, Malem Diwa pertama kali bertanding di Singapura.

Keberangkatan kedua tim ini dibimbing langsung oleh Muhammad Tadjuddin dan Teuku Firsa, dosen Teknik Mesin Unsyiah. Sementara mahasiswa yang terlibat berjumlah 16 orang.

Mobil Malem Diwa mengikuti dua kategori perlombaan. Kategori tersebut adalah Urban, yaitu mobil listrik dengan empat roda dan Prototype yaitu mobil listrik dengan tiga roda.

Untuk kategori Prototype, Malem Diwa menjagokan mobil R 1.0 yang dengan sukses melaju dengan jarak tempuh 248 Km/kWh. Dengan hasil ini, menempatkan Malem Diwa R 1.0 pada juara keempat. Selain itu tim ini juga memperoleh penghargaan sebagai Tim Sportif.

Sementara itu, untuk kategori Urban, Malem Diwa mengutus mobil R 3.0. Sayangnya, mobil tersebut mengalami gagal finish karena overtime. Namun begitu, Malem Diwa R 3.0 tetap mampu menempati peringkat keenam di kategori mobol listrik empat roda.

Muhammad Reza Arief, salah satu mahasiswa yang tergabung dalam tim Malem Diwa mengatakan bahwa kedepannya Malem Diwa akan lebih mengembangkan motor listrik dan controller buatan sendiri, serta terus upgrade pada transmisinya. Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Mei 2019 mendatang, Malem Diwa akan kembali mengikuti ajang internasional yang akan diadakan di Thailand.

“Bulan Mei 2019 mendatang, Insyaallah, Malem Diwa juga akan mengikuti Shell Eco Marathon yang merupakan kompetisi Internasional di Thailand,” Tuturnya. [MF]

Editor: Gita Aulia Sinaga