The 2nd Partnership Workshop for SEAMEO-CHINA TVET Cultural Twinning Programme

August 13, 2018 no comments kasyful mena
Spread the love

Untuk pertama kalinya 2nd SEAMEO High Officials Meeting in Technical and Vocational Education And Training (TVET) diselenggarakan di Bali untuk mempromosikan kolaborasi kerjasama antara Negara Asia Tenggara dengan negara diluar Asia Tenggara. Sejak Tahun 2016 SEAMEO-China telah berhasil melaksanakan partisipasi dengan 150 institusi dari negara- negara di Asia Tenggara, terhitung 120 institusi dari China ikut bergabung. Seperti yang diketahui selama ini SEAMEO- China melakukan workshop ada sekitar 20 Mou dan 50 kerangka kerjasama yang telah ditanda tangani bersama institusi Asia Tenggara dan China.
Kini ditahun 2018 SEAMEO-China kembali mengembangkan kerjasamanya bersama negara-negara ASEAN lainnya seperti Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand. Untuk Aceh Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala berkesempatan menjadi salah satu peserta SEAMEO-China yang diselenggarakan pada tanggal 28 s.d 29 Juli 2018 di Guiyang, Propinsi Guizhou, China. Dekan Fakultas Teknik Unsyiah (Dr. Ir. Taufiq Saidi, M.Eng) dan Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Teknik Unsyiah (Dr. Iskandar, ST M.Eng.Sc) bertolak ke China beberapa hari yang lalu untuk mengahadiri “The 2nd Partnership Workshop for SEAMEO-CHINA TVET Cultural Twinning Programme”.
Acara tersebut dihadiri dari berbagai Negara Asean seperti Indonesia yang diwakili oleh 7 Universitas dan Politeknik yaitu Stiki Malang, Undiksha Bali, Stikom Jakarta, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Universitas Ahmad Dahlan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep, Makassar dan Kopertip Indonesia, Bandung. Untuk Negara ASEAN lainnya dihadiri dari Negara Kamboja diwakili oleh 1 Politeknik, Laos 4 Universitas, Malaysia 2 Universitas, Myanmar 2 Universitas, Filipina 4 Universitas, Thailand 10 Universitas, dan untuk tuan rumah sendiri yaitu China diwakili oleh 27 Universitas dan Politeknik.
Pada acara SEAMEO-China Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai Universitas dan Politeknik Asia Tenggara diantaranya :

1. Henan University of Urban Construction, Henan Province, China
2. Phuket Technological Collage, Thailand
3. Wenzhou Vocational College of Science and Technology
4. Wuxi Institute of Technology
5. Yangzhou Polytechnic Institute, Yangzhou, Jiangsu, China
6. Keningau Vocational College, Sabah, Malaysia
7. School of International Eduction, Tianjin Polytechnic University, China