Mahasiswa Teknik Pertambangan Diajarkan Kode KCMI

April 19, 2018 no comments ryan
Spread the love

 

Student Chapter Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (SC PERHAPI) Unsyiah kembali menggelar Workshop Implementasi Mine Planning Berpandukan Kode KCMI (Komite Cadangan Mineral Indonesia) 14-15 April 2018 di Fakultas Teknik, Unsyiah. Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Teknik Pertambangan demi estimasi cadangan batu bara.

Workshop ini menghadirkan dua pemateri, yaitu Ir. Andre Alis (Ketua Komite Competent Person PERHAPI) dan Adi Risfandi, ST., MM (Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara).  Kedua pemateri ini membahas tentang kode KCMI (Komite Cadangan Mineral Indonesia) yang merupakan kode untuk pedoman pelaporan sumber daya dan cadangan bahan galian di Indonesia. Saat ini, kode tersebut telah berstandar internasional sehingga perlu diperkenalkan kepada mahasiswa sejak dini. Para mahasiswa juga diajarkan langkah-langkah penyelesaian masalah untuk mendapatkan hasil perhitungan cadangan batu bara yang akurat serta ekonomis.

“Diharapkan setelah acara ini para peserta dapat lebih mengenal dan memperdalam pengetahuan tentang kode KCMI, sehingga kedepannya akan banyak bermunculan para competent person untuk pelaporan sumber daya dan cadangan bahan galian,” ujar Yurizqie, Koordinator SC Perhapi Unsyiah.

Sementara itu, Koordinator Program Studi Teknik Pertambangan Unsyiah, Ir. Pocut Nurul Alam, MT., mengapresiasi kegiatan yang dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. (fer)

sumber: unsyiah.ac.id